February 16, 2020

Harga Marketplace sangat murah-murah


Persaingan di dunia garment sekarang semakin menjadi-jadi, bahkan sampai perang harga, akhirnya mengakalinya dengan bahan kain yang dibawah standar, supaya bisa masuk hpp (harga pokok produksi). Memang tidak salah dengan menjual harga yang murah bahkan sangat super murah sekali, seperti di marketplace-marketplace itu status headline judul diphoto produknya pun disitu terpampang kalo kaos atau baju ini terjual RIBUAN pcs.

Sebagian Sahabat Klien dan calon konsumen sering bertanya juga, kenapa koq di konveksi lebih mahal padahal konveksi khan adalah produsen langsung pembuatannya? sedangkan marketplace kebanyakan reseller tapi mereka jual-jualnya sangat murah murah sekali. Ini point pertanyaan yang menarik. Nah setelah melalui riset (survey data masih 70% an).




Berikut Point mereka bisa Jual murah;

  1. Bahan Baku pemintalan benang untuk kain dari recycle sampah kain yang diolah kembali.
  2. Campuran bahan dasar plastik lebih banyak (polyester) yang dipadukan dengan kapas (katun asli)
  3. Memproduksi massal sampai ratusan ribu pieces kaos/sweater yang berbahan dasar katunnya sedikit.
  4. Bayar gaji karyawan jahit yang sangat murah (biasanya konveksi seperti berskala pabrik berlokasi di daerah pesisian).
  5. Sisa-sisa Bahan kain buangan dari pabrik textile, yang dijual murah sekali dan diambil oleh penadah.
  6. nah ini dia IMPORT LUAR NEGERI (99% dari China). Yang Murahnya mengexploitasi “maaf” ekonomi kita.


Itulah point-point inti, harga bisa murah sekali. Sedangkan pelaku konveksi adalah berbeda dari kelas pabrik (jangan disamakan dengan kelas Garment Besar he he he :D). Konveksi adalah garment pembuatan baju berskala kecil, bisa di sebut home indutsri nya garment. Konveksi yang berkualitas adalah yang pengambilan bahan baku kainnya dari agent pabrik yang berkualitas dan sudah tersertifikasi tapi bisa beli ngecer alias dengan nominal kuantitas yang tidak banyak, dan harus bayar gaji karyawan yang tidak murah saat ini, bukan harus dibayar tinggi tapi dibayar ditingkat kewajaran.

HARGA TIDAK MEMBOHONGI KUALITAS Betul memang karya dan kerja yang bagus tidak mengkhianati hasil. Namun begitu ada segmen-segmen pasar di mana kemampuan calon konsumen, bisa memilah budget yang di inginkan. Kalau menginginkan yang murah di konveksi itu banyak sekali, namun tetap pada segmen harga yang pengaruh kehasil kualitas, tidak sedikit konveksi yang nakal dimana menawarkan produk premium kualitas tinggi dengan harga yang murah sekali, tapi kenyataannya sangat tidak amanah, benar saja ketika saya mengikuti di forum dan grup komunitas konveksi jahit Indonesia, banyak yang komplain, ketika ditanya konsumennya mereka jawabnya dengan dijanjikan waktu deadline sekian lama dengan harga sekian murahnya dengan bahan kainnya yang sangat premium. Tetapi yang konveksi amanah adalah dimana memberikan HARGA WAJAR YANG DIANGGAP MAHAL oleh calon konsumen, padahal bukan mahal tapi harga yang ditawarkan adalah harga yang wajar yang sebelumnya telah disepakati kedua belah pihak. Dimana si konveksi itu harus benar-benanr memperhatikan kualitas bahan kain, jahit, cetakan, kerapihan dan sesuai dengan desain yang diinginkan konsumen.

Coba Anda bayangkan, contohnya anda mempunyai perusahaan, mempunyai logo tersendiri, mempunyai ciri khas warna perusahaan itu sendiri dan anda ingin mencari produk yang murah dan warna harus matching ke warna-warna perusahaan yang di inginkan di MARKETPLACE itu akan jarang sekali, apalagi sudah ada logo Anda di produknya yang anda beli di marketplace, tidak akan ada khan?! sudah pastinya anda lari ke produsen tempat pembuatan baju yaitu Workshop Konveksi.

Dan bagaimanapun harga dikonveksi adalah harga yang murah yang masuk akal akan produksinya dan kualitasnya, apalagi dengan custom desain anda sendiri, harus sesuai. 🙂

Pakodung

#hargakaos #marketplace #hargamurahmarketplace #hargamurah #kaosmurah #artikelmarketplace #thisisnotmadeinchina

No comments:

Post a Comment